Selasa, 24 Agustus 2010

SMP Terbuka Wonomulyo 1

Sekilas tentang SMP Terbuka Wonomulyo 1

SMP Terbuka Wonomulyo 1 didirikan tahun pelajaran 1996/1997 menginduk pada SMP Negeri 1 Wonomulyo. SMP Terbuka ini berlokasi di Jalan Majene, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polaweli Mandar, Propinsi Sulawesi Barat, Telepon 811425090

SMP Wonomulyo 1 dipimpin oleh Muhammad Asse S.Sos. Pendirian SMP Terbuka Wonomulyo 1 dimaksudkan untuk menampung anak-anak yang tidak berkesempatan bersekolah ke SMP Reguler karena kondisi sosial ekonomi maupun geografis. Kondisi ekonomi orang tua siswa kurang mampu, pekerjaan sehari-hari sebagai buruh tambang pasir. Sampai dengan tahun pelajaran 2009/2010 SMP Terbuka Wonomulyo 1 telah menamatkan 14 kali dengan jumlah siswa 40.

Sekilas tentang Program Keterampilan

Pada tahun pelajaran 2008, SMP Terbuka Wonomulyo 1 menerima dana bantuan block grant sebesar Rp.20000000 untk melaksanak Program Pendidikan keterampilan bagi siswa SMP Terbuka. TKB yang terpilih untuk melaksanakan Program Pendidikan Keterampilan adalah TKB Lampak dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang.

Program tentang Program Keterampilan yang dikembangkan, yakni Keterampilan Menjahit. Hasil produksi dipasarkan melalui …... Kompetensi siswa yang dikembangkan melalui keterampilan ini meliputi kemampuan memilih bahan, mengoperasikan peralatan/alat untuk membuat sarung bantal kursi, tutup saji, alas gelas, dll dengan berbagai jenis dan model, memasarkan hasil produksi serta kemampuan melaksanakan pembukuan/administrasi keuangan secara sederhana.

2 komentar:

  1. Dalam perjalanannya,pd TP 2012/2013 SMPT Wonomulyo 1 telah menamatkan sebanyak 17 kali. TP.2012/2013 membina 4 TKB dg jumlah siswa 146 0rg. Mengikuti Lomojari Th,2008,2010 dan 2013. Th 2013 menampilkan karya siswa jenis ketr. Tenun Sutra Mandar,pengunjung membanjiri stand SMPT Wonomulyo 1 termasuk pak Wamen dan ibu Wamen serta pak Direktur utk menyaksikan secara langsung anak-anak SMP Terbuka memperagakan kemampuannya merajuk dari sehelai benang menjadi selembar sarung sutra Mandar.Muhammad Asse.M.Pd sebagai penanggung jawab berterimakasih atas perhatian yang sangat tinggi dari Dir.PSM yg telah memberikan kepercayaan kpd Siswa SMPT Wonomulyo 1 Sulbar mengikuti Lomojari tkt Nasional.Semoga SMP Terbuka tetap eksis ditanah air bagi anak-anak termarjinalkan, semoaga.

    BalasHapus
  2. Sebagai Pengelola/Penanggungjawab SMP Terbuka, Muhammad Asse.M.Pd memiliki banyak cerita suka dan duka, sukanya karena merasa bersyukur punya kesempatan bersosialisasi secara langsung dengan masyarakat dipelosok bahkan didaerah pegunungan ketika memantau atau sedang mensosialisasikan keberadaan SMPT. Terlebih ketika menyaksikan anak-ternarjinlkan sempat mengikuti proses pembelajaran di Induk dengan penampilan apa adanya sangat jauh dgn penampian SMP Reguler, kmd punya kesempatan ikut Ujian dan setelah Lulus kmdn sebagian diantara mereka datang mengambil Ijazah utk selanjutnya mendaftar di Sekolah Menengah. Namun dukanya segudang mulai dari lokasi TKB yang berjauhan dengan medan yang menantang samapi ke pendakian yg terjal yang hampir menyebabkan kami bersama dg ojek yang mengantar terjun masuk jurang. Karakter siswa yang menggambarkan sebagai anak yang kurang perhatian dari orang tua, dan atau pengaruh pergaulan lingkungan yang tdk memperhatikan prilaku dan sopan santun, karena mereka terbiasa dengn kehidupan yang bebas nan polos apa adanya yang mereka anggap adalah sesuatu hal yang biasa. Namun berkat pengaruh pendidkan selama 3 tahun di SMP Terbuka kmd mereka mengalami perubahan sikap yang sangat positif, bahkan sudah bisa berpenampilan ala siswa reguler sebagai hasil dari peleburan pada saat mereka diinduk serta pada kegiatan PORSENI setiap tahun. (Muhammad Asse.M.Pd/Penjab SMPT Wonomulyo 1 POlman Sulbar)

    BalasHapus